Kamis, 11 Juli 2019

Buku Prakarya Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Pdf Semester 1 Dan 2

Berikut ini kami bagikan Buku Prakarya Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 PDF Semester 1 dan 2 yang bisa di Download Gratis untuk membantu Bapak/Ibu Guru yang mengampu Mata Pelajaran Prakarya (Kerajinan, Rekayasa, Budi Daya, Pengolahan). Buku Prakarya Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 dan 2 ini terdiri dari Buku Pegangan Guru dan Pegangan Siswa.

yang bisa di Download Gratis untuk membantu Bapak Buku Prakarya Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 PDF Semester 1 dan 2


Prakarya

Sejarah Prakarya di Indonesia dimulai dari aktivitas nonformal yang bersinggungan dengan tradisi lokal yang memuat sistem budaya, teknologi lokal, serta nilai-nilai kehidupan sosial. Oleh karenanya, penataan pelajaran Prakarya pada Kurikulum 2013 berjalan mengikuti perubahan serta berpijak pada perkembangan IPTEK yang mendasarkan pada budaya lokal. Hal ini diajukan alasannya yaitu kekuatan local genius dan local wisdom masih unggul dan menjadi sistem nilai kerja pada setiap tempat sebagai potensi lokal. Konteks pendidikan kearifan lokal, pelajaran Prakarya berbasis budaya, diselenggarakan pada tingkat awal. Konten pendidikan Prakarya dari kearifan lokal berupa pendidikan: (1) tata nilai, sumber etika, dan moral dalam kearifan lokal, sekaligus sebagai sumber pendidikan karakter bangsa, (2) teknologi sempurna guna yang masih relevan dikembangkan untuk menumbuhkan semangat pendidikan keterampilan proses produksi, dan (3) materi kearifan lokal.

Dasar pembelajaran berbasis budaya ini diperlukan sanggup menumbuhkan nilai ‘kearifan lokal’ dan ‘jati diri’ sehingga tumbuh semangat kemandirian, kewirausahaan, dan kesediaan melestarikan potensi dan nilai-nilai kearifan lokal. Hal ini didasari pada kondisi aktual bahwa dampak kuat budaya luar masih perlu menerima perhatian terhadap budaya siswa.

Pelajaran Prakarya juga memperhatikan wawasan pasar, dengan mendasarkan pada prinsip pendidikan dan latihan (diklat). Hal ini sesuai dengan impian Inpres No. 6 tahun 2009 perihal Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan, Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, dan Belajar Aktif dan Naturalistik dilaksanakan dengan pendekatan kontekstual. Isi Instruksi Presiden tersebut menyangkut kebijakan Pengembangan Ekonomi Kreatif untuk periode 2009-2015, yakni pengembangan aktivitas ekonomi menurut pada kreativitas, keterampilan, dan talenta individu untuk membuat daya kreasi dan daya cipta individu yang bernilai irit dan kuat pada kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Tantangan pelajaran Prakarya dalam menghadapi perkara internal dan eksternal dibutuhkan keterpaduan: (1) pemahaman nilai tradisi dan kearifran lokal serta teknologi sempurna guna, (2) adopsi sistem produksi dengan teknologi dasar, serta (3) mendasarkan wawasan pembinaan dengan kewirausahaan.

Dasar keterampilan yang menjadi referensi pengembangan adalah: rekayasa, pengolahan, kecerdikan daya, dan kerajinan. Secara garis besar, pelajaran Prakarya diperlukan memperhatikan: (1) pendidikan budaya dan karakter bangsa sebagai bab integral yang tak terpisahkan dari pendidikan nasional, (2) pendidikan budaya dan karakter bangsa yang dikembangkan secara komprehensif sebagai proses pembudayaan, (3) fasilitasi pendidikan dan kebudayaan secara kelembagaan perlu diwadahi secara utuh, (4) pendidikan budaya dan karakter bangsa sebagai tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat, sekolah dan orangtua, dan (5) revitalisasi pendidikan dan budaya karakter bangsa dalam menggugah semangat kebersamaan.

Kewirausahaan yaitu proses dinamis antara visi yang ingin dicapai dengan perubahan lingkungan dan kemampuan berkreasi untuk menyelaraskan visi dan perubahan lingkungan. Proses dinamis tersebut perlu didorong oleh energi dan hasrat yang tinggi untuk menemukan ide-ide gres dalam memecahkan setiap perkara yang timbul selama proses harmonisasi.

Kewirausahaan pada mata pelajaran Prakarya di SMP/MTs arah pembelajarannya lebih kepada memfasilitasi siswa mengembangkan diri dengan kecakapan hidup (life skill) dan diarahkan pada pembentukan karakter kewirausahaan dengan mengembangkan sikap, pengetahuan dan penumbuhan nilai-nilai kewirausahaan. Pembentukan nilai-nilai karakter kewirausahaan ini dimulai dari penyelarasan antara kemampuan dan kesukaan dengan minat dan motif berwirausaha dengan tujuan melatih koordinasi otak dengan keterampilan teknis. Selain itu, pengembangan keterampilan diarahkan kepada teknologi sempurna guna dengan mengganti bahan, bentuk serta keteknikan kepada pemenuhan prakarya family/home skill dan life skill dengan berbasis pada potensi/konteks lokal (kearifan lokal) setempat.

Buku ini merupakan buku guru yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku guru ini disusun dan ditelaah oleh banyak sekali pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari banyak sekali kalangan yang dialamatkan kepada penulis dan laman http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui email buku@kemdikbud.go.id diperlukan sanggup meningkatkan kualitas buku ini.
Penulis : Suci Paresti, Dewi Sri Handayani Nuswantari, Sukri, Ichda Chaerudin.
Penelaah : Samsul Hadi, Tutik Nuryati, Caecilia Tridjata Suprabanindya, Djoko
Adi Widodo, Latif Sahubawa, Wahyu Prihatini, Rozmita Dewi Yuniarti.
Pe-review Guru : Sumidjo, S.Pd
Penyelia Penerbitan : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Cetakan Ke-1, 2014 ISBN 978-602-282-069-7 (jilid 2)
Cetakan Ke-2, 2017 (Edisi Revisi)
Disusun dengan aksara Arial, 11 pt.


Buku Siswa Semester 1
  1. Kerajinan Bahan Lunak
  2. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
  3. Budidaya Ternak Kesayangan
  4. Pengolahan Bahan Pangan Serealia, Kacang-kacangan, dan Umbi menjadi Makanan atau Minuman
  5. Pengolahan Bahan Pangan Serealia, Kacang-kacangan dan Umbi menjadi Bahan Pangan Setengah Jadi
Buku Siswa Semester 2
  1. Kerajinan Bahan Limbah Keras
  2. Alat Penjernih Air
  3. Budidaya Satwa Harapan
  4. Pengolahan Bahan Pangan Setengah Kaprikornus dari Serealia, Kacang-kacangan dan Umbi menjadi Makanan Khas Wilayah Setempat
  5. Pengolahan Bahan Hasil Samping dari Serealia, Kacang-kacangan dan Umbi menjadi Produk Pangan
Kerajinan Bahan Limbah Keras 
  1. Prinsip Kerajinan Bahan Limbah Keras 
  2. Jenis dan Karakteristik Kerajinan Bahan Limbah Keras 
    • Limbah Keras Organik 
    • Limbah Keras Anoraganik 
  3. Pengolahan Bahan Limbah Keras 
  4. Proses Produksi Kerajinan Bahan Limbah Keras 
Kerajinan Bahan Limbah Keras Organik
  1. Kerajinan Cangkang Kerang
  2. Kerajinan Sisik Ikan
  3. Kerajinan Tulang Ikan 
  4. Kerajinan Tempurung Kelapa 
Kerajinan Bahan Limbah Keras Anorganik
  1. Kerajinan Botol Plastik 
  2. Kerajinan Pecahan Keramik 
  3. Kerajinan Kaca 
Alat Penjernih Air 
  1. Sistem Penyaringan Air dari Bahan Alami 
    • Sistem Penyaringan Air dari Bahan Alami 
    • Bahan dan Alat Penjernih Air dengan Bahan Alami 
    • Teknik dan Prosedur Pembuatan Alat Penjernih Air dengan Bahan Alam 
    • Tahapan Pembuatan Penjernih Air dari Bahan Alami 
  2. Penjernih Air dari Bahan Buatan 
    • Penjernih Air dari Bahan Buatan 
    • Bahan dan Alat Penjernih Air dengan Bahan Buatan 
    • Teknik dan Prosedur Pembuatan Alat Penjernih Air dengan Bahan Buatan 
    • Tahapan Pembuatan Penjernih Air dari Bahan Buatan 
Budi Daya Satwa Harapan  
  1. Jenis-Jenis Satwa Harapan  
    • Cacing Tanah  
    • Jangkrik  
    • Lebah Madu  
    • Ulat Sutera  
  2. Sarana dan Peralatan Budi Daya Satwa Harapan  
    • Sarana Produksi Budi Daya Satwa Harapan  
    • Teknik Budidaya Satwa Harapan  
  3. Tahapan Budi Daya Satwa Harapan  
  4. Pemeliharaan  
Pengolahan Bahan Setengah Kaprikornus dari Serealia Kacang-Kacangan dan Umbi Menjadi Makanan Khas Wilayah Setempat  
  1. Pengertian  
  2. Jenis  
  3. Teknik Pengolahan  
  4. Tahapan Pengolahan dan Contohnya  
    • 1 Mie Aceh  
    • 2 Onde-Onde Ubi Bugis  
  5. Penyajian dan Pengemasan  
Pengolahan Hasil Samping Serealia, Kacang-Kacangan dan Umbi menjadi Produk Pangan 
  1. Pengertian  
  2. Jenis, Kandungan dan Manfaat  
  3. Teknik Pengolahan  
  4. Tahapan Pengolahan dan Contohnya  
    • Bangket Bekatul dan Jus Pepaya-Nanas Bekatul  
    • Tempe Gembus  
    • Sambal Glandir Asam  
  5. Pengemasan  
Lebih jelasnya lagi, silahkan lihat saja melalui tampilan dibawah ini ;

Tampilan Buku Prakarya Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 PDF


Download File :

Buku Guru Prakarya Kelas 8 SMP/MTs K13 Revisi 2017 Semester 1 KLIK DISINI

Buku Guru Prakarya Kelas 8 SMP/MTs K13 Revisi 2017 Semester 2 KLIK DISINI

Buku Siswa Prakarya Kelas 8 SMP/MTs K13 Revisi 2017 Semester 1 KLIK DISINI

Buku Siswa Prakarya Kelas 8 SMP/MTs K13 Revisi 2017 Semester 2 KLIK DISINI

Itulah kiranya membuatkan file dan informasi mengenai Buku Prakarya Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 PDF Semester 1 dan 2. Semoga bermanfaat.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.


EmoticonEmoticon