Berikut ini kami bagikan Aplikasi EDS (Evaluasi Diri Sekolah) untuk Pengawas/ Kepala Sekolah dalam format microsoft office excel (xlsm-xls) yang bisa di Download Gratis.
EDS atau Evaluasi Diri Sekolah merupakan suatu kegiatan untuk melihat sejauhmana kesesuaian Administrasi yang seharusnya dibentuk dalam menunjang kiprah pokok dan fungsi dari setiap jabatan yang ada di sekolah.
Namun untuk EDS Pengawas/ Kepala Sekolah ini tiada lain menyelidiki kesiapan dari setiap Guru Kelas atau Guru Mata Pelajaran dalam menciptakan Perangkat Pembelajaran ibarat Silabus, RPP, Pembelajaran dan lain sebagainya.
Dibawah ini kami uraikan pula Instrumen dari Setiap Lembar Penilaian untuk EDS Pengawas/ Kepala Sekolah.
Rubrik Instrumen Telaah Silabus
Komponen Silabus- Identitas/tema pelajaran
- Materi pelajaran
- Kegiatan pembelajaran
- Indikator pencapaian kompetensi
- Penilaian
- Alokasi waktu
- Sumber Belajar
- Disusun dalam bahasa Inggris
- Adanya kesesuaian antara SK dan KD dalam standar isi dengan bahan pelajaran
- Adanya kesesuaian antara SK dan KD dalam standar isi, materi pelajaran dan kegiatan pembelajaran
- Adanya kesesuaian antara materi pelajaran dan kegiatan pembelajaran dengan penilaian
- Adanya kesesuaian antara materi pelajaran dan kegiatan pembelajaran dengan alokasi waktu
- Adanya kesesuaian antara materi pelajaran dan kegiatan pembelajaran dengan sumber belajar
- Keterkaitan antara silabus yang disusun dengan silabus dari sekolah kawan dari luar negeri
Instrumen Telaah RPP
Komponen RPP- Identitas mata pelajaran
- Standar kompetensi
- Kompetensi dasar
- Indikator pencapaian kompetensi
- Tujuan pembelajaran
- Materi ajar
- Alokasi waktu
- Metode pembelajaran
- Kegiatan Pembelajaran (terdiri dari pendahuluan, inti, dan penutup)
- Penilaian hasil belajar
- Memuat nilai abjad budaya bangsa
- Sumber belajar
- Disusun dalam bahasa Inggris
- Kesesuaian SK, KD dengan indikator
- Kesesuaian indikator dengan tujuan pembelajaan
- Kesesuaian tujuan pembelajaran dengan materi
- Kluasan dan kedalaman materi diadaptasi dengan karakteristik akseptor didik
- Keluasan dan kedalaman bahan memung- kinkan dicapai dalam waktu yang disediakan
- Kesesuaian metode dengan tujuan dan bahan pembelajaran
- Kesesuaian kegiatan dengan metode pembelajaran
- Kesesuaian evaluasi dengan tujuan pembelajaran
- Kesesuaian buku asuh dengan bahan pelajaran
- Kesesuaian antara komponen RPP yang disusun dengan komponen dalam silabus
- Kelayakan kegiatan pendahuluan
- Memuat kegiatan eksplorasi
- Memuat kegiatan elaborasi
- Memuat kegiatan konfirmasi
- Kelayakan kegiatan Penutup
Lembar Observasi Pembelajaran
Pengelolaan Kelas- Kelayakan penataan latar (setting) pembelajaran
- Kejelasan bunyi guru dalam pembelajaran
- Kelayakan kebersihan dan kenyamanan kelas
- Menyampaikan cakupan bahan dan klarifikasi uraian kegiatan sesuai)
- Menggunakan media berbasis teknologi dan informasi
- Guru menghargai pendapat akseptor didik
- guru memperlihatkan penguatan dan umpan balik terhadap respons dan hasil belajar akseptor didik selama proses pembelajaran berlangsung
- guru menyesuaikan bahan pelajaran dengan kecepatan dan kemampuan belajar akseptor didik
- Menggunakan bahasa pengantar bilingual atau bahasa asing
- Menyiapkan kondisi pembelajaran supaya akseptor didik terlibat baik secara psikis maupun fisik sehingga siap mengikuti proses pembelajaran,
- Mencatat kehadiran akseptor didik
- Menyampaikan tujuan pembelajaran atau SK dan KD yang akan dicapai,
- Menyampaikan cakupan bahan dan klarifikasi uraian kegiatan sesuai silabus
- Mengajukan pertanyaan berkenaan dengan pengetahuan yang sudah dimiliki akseptor didik untuk mengaitkan dengan bahan yang akan dipelajari
Eksplorasi
- Membimbing akseptor didik untuk mendemonstrasikan pengetahuan yang dimiliki sesuai dengan topik/tema yang akan dipelajari
- Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan mendalam wacana topik/tema bahan yang dipelajari dari berbagai sumber belajar
- Menggunakan bermacam-macam pendekatan pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber mencar ilmu lain,
- Memfasilitasi terjadinya interaksi antar akseptor didik serta antara akseptor didik dengan pendidik, lingkungan, dan sumber mencar ilmu lainnya,
- Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
- Memfasilitasi akseptor didik melaksanakan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan
- Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna
- Memfasilitasi akseptor didik melalui derma tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan gres baik secara ekspresi maupun tertulis
- Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, memecahkan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut,
- Memfasilitasi akseptor didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
- Memfasilitasi akseptor didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
- Memfasilitasi akseptor didik menciptakan laporan eksplorasi yang dilakukan baik ekspresi maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
- Memfasilitasi akseptor didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
- Memfasilitasi akseptor didik melaksanakan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan
- Memberikan umpan balik nyata dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan akseptor didik
- Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan klarifikasi terperinci akseptor didik melalui banyak sekali sumber
- Memfasilitasi akseptor didik melaksanakan refleksi untuk memperoleh pengalaman mencar ilmu yang telah dilakukan
- Memfasilitasi akseptor didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
- Berfungsi sebagai nara sumber, pembimbing dan fasilitator bagi siswa
- Memberi peluang dan waktu yang cukup bagi setiap peserta didik dalam kegiatan tutorial untuk menguasai bahan pembelajaran
- Bersama-sama dengan akseptor didik menciptakan rangkuman/ kesimpulan pelajaran
- Bersama peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
- Melakukan evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
- Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
- Melakukan perencanaan kegiatan tindak lanjut melalui pembelajaran remedial, aktivitas pengayaan, layanan konseling, atau memberikan tugas terstruktur baik secara individual maupun kelompok sesuai dengan hasil mencar ilmu akseptor didik
- Memotivasi peserta didik untuk mendalami bahan pembelajaran melalui kegiatan mencar ilmu mandiri
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Aplikasi EDS untuk Pengawas/ Kepala Sekolah
Download File :
Itulah kiranya menyebarkan file dan informasi mengenai Aplikasi EDS untuk Pengawas/ Kepala Sekolah Semoga bermanfaat.
EmoticonEmoticon